cari mobil

Sabtu, 19 Desember 2009

Daihatsu Memproduksi Mobil bagai Kantor Berjalan


Tambah GambarDaihatsu selama ini dikenal sebagai pembuat mobil mungil dan ekonomis serta fungsional. Hal itu sudah dibuktikan melalui Gran Max atau Luxio untuk versi yang lebih mewah.

Gran Max juga dirancang atas dasar keinginan untuk memaksimalkan fungsi terutama memanfaatkan setiap sudut ruang. Untuk itulah mobil minivan ini mengambil gaya desain boxy alias kotak.

Dan benar saja, desain kotak yang tak bisa dibilang manis ini dalam sekejap mampu menarik minat konsumen yang menginginkan sebuah mobil ekonomis dan mampu menampung banyak penumpang atau barang. Jika dibandingkan dengan para pesaingnya, Gran Max memang memiliki ruang kabin paling luas, terutama untuk versi yang menganut tempat duduk berhadapan di belakang.

Sejumlah perusahaan menggunakan Gran Max untuk mendukung bisnis mereka seperti kargo, laundry, floris atau perusahaan rokok. Ini karena Gran Max adalah satu-satunya model yang menewarkan banyak kelebihan dibandingkan pesaingnya, terutama soal harga dan daya muat.

Nah bagi yang menginginkan model yang lebih unik dari Daihatsu tanpa meninggalkan fungsionalitasnya yang dikenal mumpuni, coba sambangi gelaran tokyo Motor Show yang dibuka pekan ini. Di ajang pameran mobil terbesar Asia itu, Daihatsu memajang mobil konsep bernama Deca Deca.

Tak seperti Gran Max, Deca Deca ini memiliki bonet lebih panjang dan tak banyak pernak pernik yang terpasang di kabinnya. Desain interior cukup sederhana namun modern dengan mengedepankan konsep minimalis.

Namun fungsinya jauh dari kesan minimalis karena kabin Deca Deca dirancang sedemikian rupa agar mampu menggantikan fungsi sebuah ruang kerja, atau bisa disebut sebagai kantor berjalan. Hal ini didukung oleh desain pintu tengah dan depan yang terbuka fold-out tanpa pilar. Dengan desain seperti ini, akan tersedia akses amat lapang untuk memasuki mobil kantor ini.

Konfigurasi tempat duduk belakang juga unik, yaitu bisa diputar atau dilipat. Dan jangan kaget, Deca Deca juga dilengkapi dengan monitor layar datar yang bisa dilipat ukuran 36 inci untuk menunjang tugas kantor. Asyiknya lagi, kursi depan juga dapat diputar sehingga terciptalah semacam ruang rapat mini.

inilah.com

Tapi tak cuma berfungsi sebagai kantor, Deca Deca juga asyik untuk diajak rekreasi ke pantai karena ruang lapangnya dapat menampung papan selancar dan juga sepeda. Mantap bukan?

Mungkin ada yang penasaran dengan dapur pacunya? Deca Deca menggendong mesin 3 silinder 1.300cc yang dilengkapi dengan turbo dan bertransmisi matik CVT. Lalu kapan akan diproduksi? Sabar, karena pihak Daihatsu masih menimbang-nimbang soal harga jualnya. Ini terkait dengan sejumlah hardware yang terpasang pada mobil ini yang tak bisa dibilang murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar