cari mobil

Jumat, 18 Desember 2009

Cara Pemakaian Wax Pada Mobil

Benar, mencuci dengan menggunakan sampo di banyak tempat pencucian mobil saat ini cukup ampuh untuk mengusir kotoran dan tanah serta lumpur yang melekat di bodi kendaraan. Tapi untuk melindungi cat mobil, cara ini belumlah cukup. Ada beberapa cara untuk melindungi cat mobil, yaitu menggunakan wax atau sealer. Namun yang paling banyak dipakai adalah wax. Untuk wax pun ada ragamnya, yaktu yang dicampur dengan sampo dan yang dioleskan pada cat mobil.

Untuk wax yang dicampurkan dengan sampo, yang biasa diterapkan di tempat pencucian mobil memang praktis. Tapi daya kilap wax ini tak tahan lama. Untuk yang menginginkan kilapnya tahan lama pakailah wax berbentuk pasta atau cair. Lebih bagus lagi wax yang mengandung silikon, dijamin daya tahannya lebih lama dibandingkan wax biasa.

Adapun fungsi wax ini adalah untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada permukaan cat mobil, terutama saat musim hujan tiba yang diselingi cuaca panas terik. Kondisi ini membuat permukaan cat mobil mudah kusam karena tetesan air yang tak langsung dilap akan mongering dan meninggalkan bercak-bercak putih.

Noda-noda bekas endapan air yang mongering ini tak bisa jika hanya diseka menggunakan air plus sampo, tapi akan mudah hilang jika digosok lembut dengan wax. Selain menghilangkan noda dan jamur, wax juga mampu melindungi permukaan cat dari sinar ultraviolet yang berasal dari terik sinar matahari.

Untuk memilih wax juga harus memperhatikan aturan pakai dan fungsinya, apakah untuk permukaan cat solid atau cat metalik.

Berikut cara pemakaian wax:

Selalu ikuti instruksi pemakaian produk.

Cuci dan keringkan mobil sebelum dilabur wax.

Jangan menggunakan wax di bawah terik matahari langsung di siang hari. Lakukanlah pelapisan wax saat mendung, di pagi hari atau sore setelah sinar matahari tak lagi terik.

Pakai lap bersih, lembut atau sepon untuk menggosok wax.

Jangan gunakan wax pada kaca, karet pelindung dan juga atap yang terbuat dari bahan vinyl.

Aplikasikan wax pertama kali pada bagian yang sempit seperti pintu, dan fender, kemudian biarkan kering dan segera gosok dengan kain lembut yang kering dan bersih. Setelah itu barulah pindah ke bagian panel yang lebih luas.

Saat menggosok wax lakukan dengan gerakan memutar.

inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar